Yuk Kenali! 6 Pilar Pendidikan Islam Kuttab Al Filahah Indonesia

Table of Contents
Yuk Kenali! 6 Pilar Pendidikan Islam Kuttab Al Filahah Indonesia

Kuttab Al Filahah - Rukun iman yang wajib diyakini oleh umat Islam ada 6. Iman dalam Islam merupakan dasar atau pokok kepercayaan yang harus dimiliki setiap muslim. Jika tak memiliki iman, seseorang dianggap tidak menjadi Islam sepenuhnya.

Berdasarkan hadis yang diriwayatkan Umar bin Khattab R.A, ketika malaikat Jibril menyaru menjadi seorang laki-laki, ia bertanya kepada Baginda Nabi Muhammad S.A.W

" ... Beritahukan kepadaku tentang Iman ya Muhammad”, Rasulullah S.A.W menjawab “Engkau beriman kepada Allah, kepada para Malaikat-Nya, Kitab-kitab-Nya, kepada para Rasul-Nya, kepada hari Kiamat dan kepada takdir yang baik ataupun yang buruk.” Lalu orang itu [Jibril] berkata, “Engkau benar," (H.R. Muslim).

Pengertian Iman dalam Agama Islam

Mengutip dari E-Modul Pendidikan Agama Islam (PAI), Iman berasal dari bahasa Arab dari kata dasar amana - yu’minu - imanan, yang artinya beriman atau percaya. Adapun definisi iman menurut bahasa yakni kepercayaan, keyakinan, ketetapan atau keteguhan hati.

Imam Syafi’i dalam sebuah kitab yang berjudul al-Umm mengatakan, sesungguhnya yang disebut dengan iman adalah suatu ucapan, suatu perbuatan dan suatu niat yang tidak sempurna salah satunya jika tidak bersamaan dengan yang lain.

Sedangkan Imam Malik pernah berbicara dengan Ibunya dimana hal ini merupakan suatu bentuk iman, Imam Malik pernah bertanya kedapa Ibunya, “bolehkah aku pergi untuk menuntut ilmu?” Kata Ibunya, “kemarilah … pakai pakaian santri dulu.”

Lalu si ibu membelikan sejumlah gamis baru berwarna putih untuk putranya, dan memakaikan surban di kepalanya, lalu menyiapkan sepundi uang dirham ke saku putranya, kemudian si Ibu berkata, “Sekarang pergilah ke majlis Rabi’ah, dan pelajari bagaimana adabnya sebelum kau ambil ilmunya,” pesan si Ibu. Berkat itu, sang bocah (Imam Malik) mempelajari banyak hal terkait tingkah laku, adab, dan akhlak para ulama serta bentuk keimanan kepada seorang Ibu, disamping itu juga mendapatkan banyak ilmu dari majelis sang guru.

Dari kisah peranan seorang Ibu dari Imam Malik kita dapat menyimpulkan bahwa pendidikan seorang anak dapat berhasil dengan wasilah keshalihan dari orang tuanya. Maka Madrosah Walisantri merupakan salah satu kurikulum yang harus dijalankan.

Enam Pilar Iman dalam Kuttab Al Filahah

Keimanan terdiri dari enam pilar yang dikenal dengan rukun iman. Rukun iman wajib dimiliki oleh setiap muslim.

Adapun enam pilar keimanan yang wajib diimani secara bersamaan (tidak boleh tidak mengimani salah satunya), antara lain:
  1. Iman kepada Allah S.W.T
  2. Mengimani keberadaan malaikat-malaikat Allah S.W.T
  3. Meyakini dan mengamalkan ajaran-ajaran suci dalam kitab-kitab-Nya
  4. Meyakini adanya rasul-rasul utusan Allah S.W.T
  5. Meyakini akan datangnya hari akhir
  6. Mempercayai qada dan qadar Allah S.W.T

Pokok pilar iman ini sebagaimana yang disebutkan dalam QS. An-Nisa, 4: 136 yang artinya sebagai berikut:

“Wahai orang-orang yang beriman! Tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya (Muhammad) dan kepada Kitab (Al-Qur’an) yang diturunkan kepada Rasul-Nya, serta kitab yang diturunkan sebelumnya. Barang siapa ingkar kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian, maka sungguh orang itu telah tersesat sangat jauh,” QS. An-Nisa, 4: 136.

Berdasarkan pokok iman, maka pembelajaran dalam Kuttab mengacu pada pilar pendidikan Iman, Al Qur’an, Hadist, Adab, Bahasa Arab, Siroh.

Referensi: www.tirto.id

Post a Comment